Museum Geologi Bandung adalah museum yang terletak di pusat kota Bandung dan berdiri sejak 16 Mei 1928. Karena letaknya yang sangat strategis dan akses jalan yang sangat mudah menjadikan Museum Geologi Bandung selalu ramai pengunjung. Museum yang terbagi menjadi 2 lantai ini berisi informasi lengkap tentang batuan, mineral, evolusi manusia, dinosaurus dan masih banyak lagi. Selain karena akses dan isinya, harga tiket masuk museum geologi bandung juga sangat murah dan terjangkau, bahkan lebih murah dari uang jajan anak hehe.

gambar fosil dinosaurus di museum eologi bandung
Gambar fosil dinosaurus di Museum Geologi Bandung

Sejarah Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung merupakan salah satu museum di bandung berdiri pada 16 Mei 1928 dan sampai saat ini berusia lebih dari 80 tahun. Dikutip dari tempatwisatabandung.info “Berdirinya Museum Geologi Bandung sangat identik dengan keberadaan Belanda di zaman kolonialisme di indonesia dan juga pengaruh dari dunia, yang mana pada saat itu para ahli geologi eropa tengah intensif melakukan banyak kegiatan penyelidikan geologi dan tambang di wilayah Nusantara yang dimulai sejak pertengahan abad ke-17. Pada saat negeri-negri di belahan dunia Eropa mengalami revolusi industri pada pertengahan abad ke-18, benua biru tersebut sangat memerlukan banyak sekali jenis dan bahan tambang yang akan digunakan sebagai bahan dasar industri mereka.

Melihat prospek yang sangat bagus tersebut, lantas membuat Pemerintah hindia belanda sadar begitu pentingnya penguasaan bahan galian di berada di wilayah Nusantara pada saat itu. Melalui proyek ini, diharapkan perkembangan industri di Negeri Belanda dapat didukung dengan keberadaanya. Tepat di tahun 1850, maka dibentuklah lembaga Dienst van het Mijnwezen. Kelembagaan ini berganti nama jadi Dienst van den Mijnbouw pada tahun 1922, yang bertugas melakukan penyelidikan geologi serta sumberdaya mineral di seluruh wilayah kepulauan indonesia.

Sejarah Museum Geologi Bandung di masa penjajahan Jepang

Sebagai sebuah negeri jajahan dengan kekuasaan yang selalu berganti, museum geologi bandung juga mengalami perubahan fungsi dan juga pemilik.Seperti ketika negeri sakura jepang dinyatakan kalah di perang dunia ke-2, keberadaan Dienst van den Mijnbouw pun berakhir. Letjen. H. Ter Poorten (Panglima Tentara Sekutu di Hindia Belanda) atas nama Pemerintah Kolonial Belanda menyerahkan kekuasaan teritorial Indonesia kepada Letjen. H. Imamura (Panglima Tentara Jepang) pada tahun 1942. Penyerahan itu dilakukan di Kalijati, Subang. Dengan masuknya tentara Jepang ke Indonesia, Gedung Geologisch Laboratorium berpindah kepengurusannya dan diberi nama KOGYO ZIMUSHO. Setahun kemudian, berganti nama menjadi CHISHITSU CHOSACHO.

Sejarah Museum Geologi Bandung di masa kemerdekaan.

Keberadaan Museum Geologi Bandung sangatlah berharga sekali fungsi dan manfaatnya bagi kesejahteraan bangsa indonesia di kemudian hari, sehingga upaya paksa merebut kembali museum geologi di kota bandung ini dilakukan kembali oleh belanda, yang mana pada tahun 1945, ketika tentara sekutu pimpinan amerika dan inggris membonceng tentara bentukan Belanda yang bernama NICA.Karena idak ingin berpindah tangan dan direbut semua dokumen hasil penelitian geologi yang penting yang ada di museum geologi oleh pihak NICA belanda, maka museum geologi bandung pun pernah beberapa kali pindah tempat seperti ke Jalan Braga no 3 & no 8 kota Bandung bahkan hingga ke luar daerah seperti Tasikmalaya, Solo, Magelang, Yogyakarta, sebelum akhirnya pada tahun 1950 semua dokumen dikembalikan ke Bandung.

Museum Geologi Bandung beroperasi dari Sabtu – Kamis dan tutup pada hari Jumat dan Libur Nasional.  Jam buka Museum Geologi Bandung yaitu pada hari Senin – Kamis Museum Geologi Bandung buka pada jam 08.00-16.00 WIB sedangkan pada hari Sabtu – Minggu Museum Geologi Bandung buka pada jam 08.00-14.00 WIB.

Untuk dapat masuk ke dalam Museum Geologi Bandung pengunjung harus terlebih dahulu membeli tiket masuk, untuk harga tiket masuk Museum Geologi Bandung sebenarnya sangat murah seperti yang saya bilang diatas, lebih murah dari uang jajan anak. Biaya untuk sekali masuk Museum Geologi Bandung yakni sebesar Rp 2.000 per orang untuk pelajar atau mahasiswa, Rp 3.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Nah sangat murah kan….

Anda berminat mengunjungi Museum Geologi Bandung, jangan lupa siapkan anggaran untuk membeli tiket masuk Museum Geologi Bandung. Dan dijamin disana anda akan mendapatkan ilmu yang sangat banyak dan tidak akan kecewa. Selamat berkunjung…

Gambar Museum Geologi Bandung

fosil binatang di museum geologi bandung

peta-Museum-Geologi-Bandung

Incoming search terms:

  • tiket masuk museum geologi
  • tiket museum geologi bandung 2016
  • museum geologi bandung 2016
  • tiket masuk museum geologi bandung
  • tiket museum geologi bandung
  • harga tiket masuk museum geologi
  • tiket masuk museum geologi bandung 2016
  • jadwal museum geologi bandung
  • harga tiket museum geologi bandung
  • biaya masuk museum geologi bandung
  • harga tiket museum geologi
  • Tiket masuk musium geologi
  • tiket museum geologi
  • museum geologi bandung buka
  • jam buka museum geologi
Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung Desember – Januari 2017
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us -Disclaimer -Privacy Policy - Contact Us
error: Content is protected !!