Harga Pupuk NPK, Urea, SP36, Za dan Organik Subsidi – Pupuk merupakan salah satu bahan pokok dalam dunia pertanian dan bercocok tanam. Tanpa pupuk, tanaman tidak akan tumbuh subur karena pupuk mengandung berbagai unsur hara yang dibutuhkan tanamanan untuk tumbuh subur. Selain untuk pertumbuhan, pupuk juga mempengaruhi proses pembentukan buah, dengan pupuk buah yang dihasilkan tanaman lebih baik dan padat.

pupuk Npk Bersubsidi

Ada berbagai macam pupuk yang digunakan petani dalam proses pertanian mereka terutama saat menanam padi di sawah seperti Urea, SP36, Za, Npk dan Organik. Kelima jenis pupuk tersebut merupakan jenis pupuk subsidi oleh pemerintah sehingga harganya terjangkau untuk para petani.

Untuk mendapatkan pupuk tersebut juga gampang-gampang sulit karena ketersediaan pupuk subsidi yang memang agak sulit didapat. Pupuk subsidi merupakan pupuk yang disubsidi dan disalurkan oleh pemerintah kepada petani melalui agen resmi pupuk subsidi yang sudah ditunjuk sehingga petani yang ingin membeli pupuk harus pergi atau bahkan mendaftar di agen resmi pupuk didaerahnya agar kebagian pupuk subsidi tersebut.

Apa saja sih pupuk subsidi yang dijual?

Untuk jenis pupuk bersubsidi yang dijual pemerintah ada 5 jenis yakni:

  1. Pupuk Urea
  2. Pupuk SP36
  3. Pupuk Za
  4. Pupuk Npk
  5. Pupuk organik

1.Pupuk Urea

Pupuk Urea merupakan pupuk kimia yang memliki kandungan unsur Nitrogen (N) dengan kadar yang tinggi. Sedangkan unsur Nitrogen ini sendiri merupakan zat hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk urea ini biasa digunakan oleh para petani baik pertanian maupun perkebunan. Untuk mengenali pupuk urea ini anda bisa melihat bentuknya yang berbentuk butir-butir kristal berwarna putih.

Pupuk Urea memiliki rumus kimia NH2 CONH2 termasuk pupuk yang mudah larut dalam air dan sifatnya sangat mudah menghisap air ( higrokopis ). Untuk mempertahankan kualitas dari pupuk urea ini sebaiknya anda simpan ditempat yang kering dan tertutup rapat. Selain itu pupuk urea mengandung unsur hara N dengan jumlah 46 %, maksudnya adalah setiap 100 kg pupuk urea mengandung 46 kg Nitrogen, Moisture 0,5 %, Kadar Biuret hanya 1 %, ukuran 1-3,35 MM 90% Min, serta berbentuk Prill.

2. Pupuk SP36

Pupuk SP36 merupakan pupuk tunggal dengan kandungan Phosphor (P) cukup tinggi dalam bentuk P2O5, yakni sebesar 36%. Bisa digunakan untuk pemupukan berbagai jenis tanaman, baik tanaman pangan, holtikultura maupun tanaman perkebunan. Bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan unsur hara Phosphor (P) pada tanaman.

Pupuk SP36 biasanya berbentuk granul (butiran) berwarna abu-abu kehitaman. Kandungan Phosphor (P) pada pupuk SP36 hampir seluruhnya larut dalam air, sehingga mudah diserap tanaman. Sangat cocok digunakan sebagai pupuk dasar tanaman semusim (tanaman pangan dan holtikultura).

3.Pupuk Za

Pupuk ZA adalah pupuk kimia buatan yang dirancang untuk memberi tambahan hara nitrogen bagi tanaman. Pupuk ZA mudah menyerap air, karena ion sulfat sangat mudah larut dalam air sedangkan ion amonium lebih lemah, pupuk ini berpotensi menurunkan pH tanah yang terkena aplikasinya. Pupuk ZA mengandung belerang 24% (dalam bentuk sulfat) dan nitrogen 21% (dalam bentuk amonium).

Pupuk ZA Memperbaiki kualitas dan meningkatkan produksi serta nilai gizi hasil panen dan pakan ternak karena peningkatan kadar protein pati, padi, gula, lemak, vitamin, dll. Memperbaiki rasa dan warna hasil panen. Tanaman lebih sehat dan lebih tahan terhadap gangguan lingkungan (hama, penyakit, kekeringan).

Kandungan nitrogen yang ada didalam pupuk Za hanya separuhnya dari pupuk urea, sehingga biasanya pemberiannya dimaksudkan sebagai sumber pemasok hara belerang pada tanah-tanah yang miskin unsur ini, maka Pupuk ZA merupakan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan unsur hara Belerang.

4. Pupuk Npk

Pupuk NPK, yaitu pupuk yang memiliki kandungan unsur hara Nitrogen (N), Phosphat (P) dan Kalium (K). Pupuk majemuk NPK adalah pupuk yang mengandung setidaknya 5 unsur hara yang terdiri dari 3 unsur hara makro yaitu N, P dan K serta 2 unsur hara mikro.

Setiap jenis pupuk atau merk memiliki persentase atau komposisi kandungan yang berbeda-beda, yang ditandai dengan angka seperti NPK 16-16-16, NPK 15-15-15 atau NPK 12-12-12. Angka-angka tersebut adalah persentase kandungan unsur hara makro yang ada didalamnya, sedangkan kandungan unsur hara mikro sangat sedikit sehingga umumnya tidak ditulis pada kemasan.

Harga Pupuk NPK, Urea, SP36, Za dan Organik Subsidi per kg Hari Ini

Jenis Pupuk Harga/Kg
Urea Rp 1,000
SP36 Rp 2,000
Za Rp 1,400
Npk Rp 2,300
Organik Rp    500

Gambar Pupuk

pupuk za bersubsidipupuk urea bersubsidipupuk sp36 bersubsidi



Incoming search terms:

  • harga pupuk urea
  • harga pupuk subsidi 2017
  • harga pupuk subsidi
  • harga pupuk
  • harga pupuk sp 36
  • harga pupuk phonska
  • harga pupuk phonska subsidi
  • harga pupuk za
  • harga pupuk non subsidi 2017
  • harga pupuk sp
Harga Pupuk NPK, Urea, SP36, Za dan Organik Subsidi Terbaru November – Desember 2017
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


About Us -Disclaimer -Privacy Policy - Contact Us
error: Upsssss!!!